15 Negara Merdeka Bekas Pecahan dari Uni Soviet

@idn.hero | Uni Republik Sosialis Soviet atau Uni Soviet adalah mantan negara adidaya pada tahun 1922-1991 di kawasan Eurasia. Pada masa itu, Uni Soviet menjadi negara terbesar di dunia dengan luas 22.402.200 km2 atau meliputi seperenam dataran bumi. Negara ini memegang sistem politik satu partai, dengan beribukota di Mokswa yang pemerintahannya sangat terpusat.
Uni Soviet
Akibat kekalahan pada saat Perang Dingin yaitu perebutan pengaruh ideologi dan politik global dengan Amerika Serikat, ekonomi dan politik dalam serta luar negeri Uni Soviet mengalami kemunduran. Pemerintahan mencoba menenangkan dengan kebijakan glasnot dan perestroika, namun malah justru memicu perpecahan.

Kenapa Uni Soviet bubar? Negara federasi sosial yang terdiri dari limabelas negara itu merasa adanya ketidakadilan yang diterapkan oleh Uni Soviet. Pada akhirnya, negara-negara tersebut satu per satu mulai mendeklarasikan kemerdekaannya sendiri-sendiri. Akhirnya membuat runtuh dan hancur negara Uni Soviet ini.

Nah, pada kesempatan dengan label Sejarah ini, Admin akan membahas tentang daftar negara bekas pecahan dari URRS yang telah diakui secara Internasional. Dari kelimabelas negara ini, semuanya menganut sistem pemerintahan republik bukan federasi. Penasaran? Berikut ini adalah daftar lengkap beserta informasi singkat negara pecahan Uni Soviet:
pixabay.com
#1. ARMENIA - YEREVAN

Republik Armenia merupakan negara di kawasan Eropa-Asia yang daratannya dikelilingi oleh negara lain. Negara ini berbatasan langsung dengan Turki, Georgia, Azerbaijan, dan Iran. Armenia memiliki luas total mencapai 29.743 km2 yang dibagi menjadi sebelas provinsi. Permasalahan utama yang dialami negara ini ialah tingkat emigrasi tinggi, akibat perpisahannya dengan Uni Soviet.

Pemerintahan: Republik Semi Presidensial
Hari Kemerdekaan: 21 September 1991
Luas Total: 29.743 km2

#2. AZERBAIJAN - BAKU

Selanjutnya adalah Azerbaijan. Negara ini juga biasa dikenal dengan sebutan Azerbaijani atau Azeri karena mayoritas penduduknya adalah muslim syiah dan keturunan Turki. Ia secara langsung berbatasan dengan wilayah Rusia, Georgia, Armenia, dan Iran yang terletak di persimpangan Eropa dengan Asia Barat Daya.

Pemerintahan: Republik Presidensial
Hari Kemerdekaan: 30 Agustus 1991
Luas Total: 86.600 km2

#3. BELARUS - MINSK

Belarus atau Belarusia merupakan suatu negara yang terletak di Eropa Timur dan dipecah menjadi 6 provinsi dengan 1 kota khusus. Dikarenakan Belarus ialah negara pedalaman, banyak danau dan rawa menyelimuti wilayah ini. Selain itu, negara ini memiliki daerah rawa terbesar di Eropa yang berada di Polesia

Pemerintahan: Republik Presidensial
Hari Kemerdekaan: 25 Agustus 1991
Luas Total: 207.595 km2

#4. ESTONIA - TALLINN

Estonia adalah negara berdaulat yang berada di kawasan Baltik Eropa Utara. Negara ini dibatasi oleh wilayah area Teluk Finlandia, Laut Baltik, Latvia, dan Teluk Riga. Bahasa resmi yang digunakan republik ini ialah bahasa Esti yang serumpun dengan Suomi. Selain itu, Estonia juga dikenal dalam hal kebebasan pers, ekonomi, demokrasi, politik, dan pendidikan.

Pemerintahan: Republik Presidensial
Hari Kemerdekaan: 20 Agustus 1991
Luas Total: 45.227 km2

#5. GEORGIA - TBILISI

Lima! Georgia merupakan negara bekas Republik di Uni Soviet, yang berbatasan dengan Rusia, Turki, Azerbaijan, dan Laut Hitam. Negara ini terletak di Kaukasus Selatan dengan bentuk pegunungan. Pegunungan Likhi itu membagi Georgia menjadi dua bagian yaitu barat (Kolkhis) dan timur (Iberia).

Pemerintahan: Republik Semi Presidensial
Hari Kemerdekaan: 9 April 1991
Luas Total: 69.420 km2

#6. KAZAKHSTAN - ASTANA

Kazakhstan adalah sebuah negara yang berkedudukan di dalam kawasan Asia Tengah sekaligus Eropa Timur. Wilayanya terhampar dari Pegunungan Altai sampai Laut Laut Kaspia, sehingga menjadikan Kazakhstan sebagai negara terbesar ke-2 dari pecahan Uni Soviet, setelah Rusia. Selain itu, tempat pelucuran roket Rusia yaitu Baikonur juga terletak di Kazakhstan.

Pemerintahan: Republik Presidensial
Hari Kemerdekaan: 16 Desember 1991
Luas Total: 2.724.900 km2

#7. KIRGIZSTAN - BISHKEK

Republik Kirgiz atau Kizgizstan adalah negara pecahan Uni Soviet yang terkurung oleh daratan dan pegunungan. Negara ini berbatasan dengan Kazakhstan di utara, Uzbekistan di barat, Tajikistan di barat daya, dan Tiongkok di timur. Walaupun telah resmi merdeka, Kizgizstan pernah mengalami konflik etnis, pemberontakan, masalah ekonomi, dan pertengkaran partai politik.

Pemerintahan: Republik Parlementer
Hari Kemerdekaan: 31 Agustus 1991
Luas Total: 199.951 km2

#8. LATVIA - RIGA

Latvia adalah suatu negara yang berada di kawasan Baltik, Eropa Utara dengan iklim sedang. Dengan jumlah penduduk 2 juta jiwa dan luas wilayah 64 ribu km2, menjadikan Latvia sebagai negara yang berpenduduk sedikit dan jarang di Uni Eropa. Negara ini bergabung dengan Uni Eropa pada tanggal 1 Mei 2004 dan dengan NATA pada 29 Maret 2004.

Pemerintahan: Republik Parlementer
Hari Kemerdekaan: 5 September 1991
Luas Total: 64.589 km2

#9. LITUANIA - VILNIUS

Republik Lituania adalah negara di Eropa Timur dan dekat dengan Laut Baltik. Negara ini memiliki motto Laisvė, vienybė, gerovė yang artinya kebebasan, persatuan, dan kemakmuran. Lituania berbatasan langsung dengan Latvia di utara, Belarus di tenggara, Polandia di selatan, serta Rusia di barat daya.

Pemerintahan: Republik Parlementer
Hari Kemerdekaan: 6 September 1991
Luas Total: 65.300 km2

#10. MOLDOVA - CHISINAU

Moldova merupakan negara yang diapit oleh dua negara yaitu Rumania dan Ukraina di kawasan Eropa Timur. Sebagian besar wilayah negara ini berbukit-bukit, tetapi tidak lebih dari 430 meter. Bukit-bukit tersebut merupakan bagian dari Pegunungan Moldavia, yang berasal dari Pegunungan Carpathia. Meskipin memiliki lahan pertanian yang baik, Moldova hanya memiliki sedikit sumber daya alam.

Pemerintahan: Republik Parlementer
Hari Kemerdekaan: 27 Agustus 1991
Luas Total: 33.846 km2

#11. RUSIA - MOSKWA

Terluas di dunia! Rusia adalah negara yang membentang dari Eropa Timur sampai Asia Utara, dengan wilayah yang mencakup seperdelapan daratan bumi. Di negara beruang putih ini terdapat 23 situs warisan dunia UNESCO dan 41 taman nasional. Rusia terletak di belahan bumi paling utara, sehingga wilayah perairan disana umumnya tertutupi oleh es seperti Laut Putih, Laut Kara, dan Laut Barents.

Pemerintahan: Republik Semi Presidensial
Hari Kemerdekaan: 26 Desember 1991
Luas Total: 17.098.242 km2

#12. TAJIKISTAN - DUSHANBE

Tajikistan merupakan negara bekas Uni Soviet di kawasan Asia Tengah. Negara ini berbatasan dengan Afganistan, Tiongkok, Kirgizstan, dan Uzbekistan dengan kondisi geografis dataran tinggi. Setelah independen, Tajikistan mengalami perang saudara selama 5 tahun mulai dari tahun 1992 hingga 1997.

Pemerintahan: Republik Semi Presidensial
Hari Kemerdekaan: 9 September 1991
Luas Total: 143.100 km2

#13. TURMENISTAN - ASHGABAT

Turmenia atau Turmenistan terletak di Asia Tengah yang berbatasan dengan Uzbekistan di utara, Laut Kaspia di barat, Afganistan di tenggara, dan Iran di selatan. Sebagian besar wilayah negara ini ialah hamparan gurun pasir Karakum. Selain itu, Turmenia juga merupakan negara yang memiliki cadangan gas alam terbesar kelima di dunia.

Pemerintahan: Republik Presidensial
Hari Kemerdekaan: 27 Oktober 1991
Luas Total: 491.210 km2

#14. UKRAINA - KIEV

Berikutnya ialah Ukraina. Negara ini terletak di Eropa Timur yang berbatasan dengan Rusia, Belarus, Polandia, Hongaria, Laut Hitam, dan Laut Azov. Ukraina juga sudah sejak lama pusat cadangan pangan dunia karena memiliki lahan pertanian yang luas dan subur. Tak hanya itu, sebagian wilayah Ukraina merupakan daerah aliran sungai Dnieper yaitu sungai terpanjang ketiga di Eropa.

Pemerintahan: Republik Semi Presidensial
Hari Kemerdekaan: 24 Agustus 1991
Luas Total: 603.500 km2

#15. UZBEKISTAN - TASHKENT

Terakhir! Republik Uzbekistan adalah mantan negara bagian dari Uni Soviet yang terletak di dua benua yaitu Asia dan Eropa. Wilayah Uzbekistan dikurung oleh daratan kering dengan berbatasan oleh negara Kazakhstan, Kirgizstan, dan Afganistan. Selain itu, negara ini terbagi dalam 12 provinsi , 1 republik otonom, 1 kota independen.

Pemerintahan: Republik Presidensial
Hari Kemerdekaan: 1 September 1991
Luas Total: 448.978 km2

PENUTUP

Yups, itulah pembahasan tentang negara bekas pecahanan Uni Soviet yang sekarang telah berdiri sendiri. Dari seluruh daftar negara tersebut, menurut kalian manakah yang paling mempengaruhi dunia?

Tulis di kolom komentar! Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian mengenai sejarah dunia yang menarik ini, makasih. #CMIIW #IDNHero #UPGRADEYOURKNOWLEDGE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel