12 Fakta Mengerikan tentang Hiu Megalodon

@idn.hero | Megalodon (carcharocles megalodon) merupakan spesies ikan hiu raksasa yang diperkirakan hidup pada masa Miosen Tengah - Pliosen Akhir (1,2 juta tahun yang lalu). Penempatan genus dari ikan ini masih diperdebatkan, dulu pernah dianggap sebagai keluarga dari Lamnidae hingga Otodontidae.
Fakta Hiu Megalodon
Tylosaurus, Mosasaurus, dan Megalodon
Kata "megalodon" berasal istilah di Yunani Kuno, μέγας (yang berarti besar) dan ὀδoύς (yang berarti gigi). Dengan begitu, Megalodon secara harfiah dapat diartikan menjadi "gigi besar".

Pantas saja, ikan ini disebut-sebut sebagai predator terbesar dalam sejarah planet Bumi. Rahang gigi yang tebal dan kuat membuat hiu ganas ini, mampu menghasilkan kekuatan gigitan 110.000 sampai180.000 Newton.

Nah, pada postingan Fauna berikut Admin akan membahas lebih lanjut mengenai Fakta Mengerikan dari Hiu Prasejarah Megalodon yang mungkin belum kalian ketahui. Terdapat banyak informasi menarik dari hewan punah ini, penasaran? Inilah dia daftar komplitnya:
Fakta Hiu Megalodon
padi.com
#1. Pertama! Beberapa ahli paleontologi (ilmu yang mempelajari fosil hewan dan tumbuhan purba) percaya bahwa Hiu Megalodon memiliki panjang maksimum 59 kaki, namun sebagian dari lainnya percaya bahwa mereka bisa mencapai lebih dari 100 kaki. Serem bat!

#2. Berat dari ikan ini diperkirakan sekitar 100 ton. Akan tetapi jika dibandingkan predator laut purba yang telah punah seperti Mosasaurus, Tylosaurus dan Liopleurodon, Megalodon masih kalah dalam jumlah beratnya.

#3. Dengan kekuatan gigitan yang super besar, seekor Megalodon dapat mengunyah tengkorak ikan paus prasejarah secara lancar, layaknya manusia mengunyah buah pisang. 

#4. Megalodon memiliki markas alias rumah yang banyak, mereka biasanya berkeliaran di semua samudra air hangat di penjuru dunia dan terus meneror paus prasejarah sebagai hidangannya.

#5. Panjang gigi Hiu ini mencapai 7 inchi, lebih besar dari ukuran gigi Hiu Putih yang hanya 3 inchi. Fosil gigi Megalodon tersebut ditemukan di Negara Peru, tepatnya daerah Ocucaje. Katanya, fosil itu dinilai seharga 700 juta rupiah atau setara dengan 50.000 USD.
Gigi Hiu Megalodon Terbesar
Gigi Megalodon di Florida
#6. Pada tahun 1860-an, sebuah tulang belakang yang sudah membatu dengan sejumlah 150 ditemukan di Belgia
 
#7. Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Afrika, Puerto Riko, Jepang, Jamaika, Kuba, Kepulauan Canary, Australia, Selandia Baru, Malta, Grenadines dan India adalah daerah ditemukannya fosil dari Hiu Megalodon. Mereka memilih tinggal di perairan hangat dan mencari sumber pangan yang melimpah di seluruh samudra.

#8. Megalodon diangkat pada film yang berjudul The Meg, yang dibintangi oleh Jason Satham sebagai penyelam penyelamat stasiun operasi di bawah laut.

#9. Hiu ini, diperkirakan telah punah sejak 2,6 juta tahun yang lalu. Walaupun masih ada perdebatan mengenai hipotesis tersebut.
Megalodon di The Meg
The Meg 2018
#10. Megalodon kemungkinan memiliki 5 ruas gigi, yang cara kerjanya seperti ban berjalan. Apabila ada satu gigi yang hilang maka bisa diganti dengan cepat, kemungkinan dalam selang waktu 24-48 jam.

#11. Sekarang, ada beberapa ilmuwan yang mencoba untuk menghidupkan lagi spesies Hiu Purba ini dengan cara mengembangkan kembali bibitnya, bahkan beberapa wilayah pembibitan Megalodon telah ditemukan.

Wilayah yang menurut sumber peneliti digunakan untuk pembibitan Megalodon antara lain Lembah Bone di Florida dan Tebing Calvert di Maryland.

#12. Penyebab punahnya Megalodon adalah Bumi sedang mengalami perubahan iklim yang sangat ekstrim, sehingga secara signifikan mempengaruhi kehidupan mereka. Samudra sangat dingin dan permukaan air laut turun. 

Pada akhirnya banyak mamalia laut besar layaknya Megalodon bergantung kepadanya sebagai makanan menjadi hilang selama perkiraan waktu itu.

PENUTUP

Nah, itulah dua belas fakta ikan Hiu Megalodon yang mengerikan dan menakjubkan. Jangan lupa bagikan artikel ini ya, sehingga Admin akan lebih semangat dalam hal update.  Semoga bermanfaat dan menambah informasi mengenai ikan purba satu ini. #CMIIW #IDNHero #UPGRADEYOURKNOWLEDGE 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel