15 Jenis Ikan Aneh Menyeramkan di Laut Dalam

@idn.hero | 71% dari luas Bumi adalah Lautan, tak salah jika lautan itu menyimpan banyak misteri didalamnya. Lautan sendiri merupakan kumpulan air asin yang luas, dengan permukaan dasar yang tidak merata. Lapisan terdalam dari lautan disebut dengan Laut Dalam (>1828 m).
Ikan Laut Dalam
wikia.com
Di laut dalam, cahaya matahari tidak dapat ditembus sehingga kondisinya sangat gelap dan memiliki tekanan yang tinggi. Oleh sebab itu, manusia hanya baru bisa menjelajahi kurang lebih 1 banding 10 dari seluruh lautan dunia. Tercatat, titik paling dalam di planet bumi terletak di Palung Mariana, Filiphina kedalamannya mencapai 10.911 m. Kapal selam Jepang pernah menjangkau titik tersebut, namun pada akhirnya hilang pada tahun 2003.

Walaupun dengan kondisi seperti mati lampu/gelap gulita, ternyata ada beberapa jenis atau spesies ikan yang bisa hidup disana. Ikan-ikan ini berbeda jika dibandingkan dengan jenis laut dangkal, bahkan bisa dibilang lebih aneh, seram, dan menjijikkan.

Pada postingan kategori FloraFauna kali ini Admin akan membahas tentang 15 Jenis Ikan dengan bentuk menyeramkan penghuni Laut Dalam Beserta dengan foto serta penjelasan singkat dari masing-masing ikan, berikut ini adalah daftar komplit ikan laut dalam:
Ikan Dasar Laut
Ikan Dasar Laut 1 - 10
#1. Anglerfish

Bisa juga disebut dengan Monkfish, Goosefish, dan Lophiiformes, ikan ini dikenal karena kepalanya yang besar dan bergigi tajam. Anglerfish tersebar di wilayah laut dalam Samudra Atlantik, Pasifik, Hindia, dan juga Laut Mediterania.

Sebagai hewan karnivora, Monkfish memiliki antena yang berguna untuk memancing perhatian mangsa. Apabila ada ikan terpancing oleh cahaya antena itu, maka dalam sekejam ia akan menerkam mangsanya. Selain itu, Anglerfish juga kerap naik ke permukaan laut untuk mencari makan, seperti burung laut.

#2. Fangtooth

Ikan dengan nama ilmiah Anoplogaster, tubuh berwarna coklat dan hidup di dasar laut. Walaupun terlihat seperti raksasa, Fangtooth ternyata hanya memiliki panjang maksimum sekitar 16 cm saja. Mulut besar dengan gigi runcing adalah ciri dari ikan coklat ini untuk berburu mangsanya, oleh sebab itu ia biasa dinamakan ikan gigi taring. Kecil-kecil tapi ganas!

Fangtooth dikenal lebih kuat dan kebal dibandingkan ikan laut dalam lainnya, mereka mampu hidup berbulan-bulan di Aquarium. Walaupun kondisi berbeda dengan habitat aslinya yang gelap dan tekanan tinggi. 

#3. Pacific Viperfish

Pacific Viperfish merupakan ikan predator mematikan yang hidup di kedalaman abyssal. Dengan panjang kurang lebih 1 kaki, sebagian besar dari mereka adalah pemakan ikan kecil dan krustacea.

Dragonfish ialah julukan dari Pasific Viperfish. Ia juga bisa mengeluarkan cahaya atau lampu dari kulitnya yang berfungsi mengatur jarak berburu, melarikan diri, dan membantu ikan dalam kawin.

#4. Moray Eel

Beralih ke Dunia Belut! Moray Eel atau Muraenidae adalah belut karnivora dengan spesies mencapai 200 yang tersebar di seluruh penjuru lautan, termasuk air payau dan tawar. Belut ini bisa memiliki berat hingga 30 kg dengan panjang sekitar 3 m (Gymnothorax javanicus). Dianugrahi kulit yang tebal dan berpola, makanan sehari-harinya ialah gurita, cumi-cumi, ikan kecil, dan krustacea. Entah kenapa, agak serem kalau lihat wajah belut satu ini?

#5. Black Dragon Fish

Mirip dengan si Anglerfish, Black Dragon Fish juga menarik perhatian mangsanya dengan suatu cahaya. Cahaya tersebut berasal dari tubuhnya, dan nyaris tidak bisa dilihat oleh manusia karena hampir mendekati inframerah. Ikan berjenis kelamin jantan bisa ditemukan pada kedalaman 2000 m, namun terkadang ikan betina dapat dijumpai pada kedalaman 500 m saat bermigrasi.

#6. Grenadier Fish

Rettails atau biasa disapa Grenadier Fish adalah ikan yang mendominasi hingga 15 % populasi di laut dalam. Bentuk tubuh ramping dan mata besar, Grenadier telah direkam dari kedalaman 200 sampai 7000 m. Hanya sedikit yang diketahui mengenai sejarah kehidupan ikan paling umum tersebut.

#7. Gulper Eel

Gulper Eel merupakan spesies belut yang jarang dijumpai oleh manusia. Memiliki mulut besar, belut ini kerap dimirip-miripkan dengan burung pelikan. Oleh karena itu, ada yang menamai mereka sebagai Belut Pelikan.

Mulut dari Gulper ini berengsel longgar, sehingga memudahkan dia menelan ikan yang jauh lebih besar dari pada dirinya. Belut dengan panjang 750 cm ini, telah ditemukan di daerah beriklim tropis dan semua samudra.
 
#8. Megamounth Shark

Langka! Hiu dengan nama ilmiah Megachasma pelagios ini, ialah spesies hiu besar yang jarang dilihat dibandingkan dengan hiu umumnya. Megamount Shark memiliki tubuh gemuk dan kepala besar, dengan celah insang dilapisi penyaring. Dia berenang dengan mulut terbuka lebar, untuk mencari plankton dan ubur-ubur.

Menurut penelitian ahli, Megamount Shark bereproduksi dengan cara ovoviviparous. Hal tersebut berarti bahwa, hiu muda tetap berkembang dalam telur di dalam tubuh induknya sampai menetas.

#9. Frilled Shark
 
Masih dikeluarga hiu, Frilled Shark adalah hiu berpenampilan coklat yang tubuhnya menyerupai belut. Hiu Berjumbai ini tercatat dari sejumlah lokasi tersebar luas di Samudra Atlantik dan Pasifik dengan kedalaman lebih dari 1000 m.

Dilihat dari gaya berburunya, mirip seperti ular dimana Frilled Shark menerkap ke depan dan menekukkan mangsanya. Rahang yang panjang dan celah lebar memungkinkan dia menelan mangsa yang jauh lebih besar dibandingkannya. Selain itu, penampilan aneh dan mirip belut membuat hiu ini diibaratkan sebagai ular laut mitos.

#10. Blobfish

Blobfish alias Psychrolutes marcidus merupakan ikan penghuni perairan dalam di laut Australia, Selandia Baru, dan Tasmania. Panjang tubuh dari ikan ini hanya kurang dari 30 cm, dengan daging ringan yang membuatnya mengapung di air. Sehingga tidak membutuhkan energi banyak untuk berenang.

Mereka hidup di kedalaman yang mencapai 1.200 m dan memiliki tekanan 120 lebih besar dibandingkan di permukaan laut. Oleh sebab itu, jika ikan ini dibawa ke daratan tubuhnya akan berubah seperti jelly pink. Uniknya, pada bulan September 2013 Blobfish resmi terpilih menjadi "Hewan paling jelek di Dunia".
Ikan Dasar Laut
Ikan Dasar Laut 11 - 15
#11. Stargazer Fish

Stargazer bisa ditemukan di semua laut dunia, baik dangkal maupun dalam. Dia dikenal karena letak mata di atas kepala dan mulut besar menghadap ke atas. Kebiasaan dari hidupnya ialah mengubur diri di pasir, lalu menerkam mangsa yang lewat di atasnya.

Tak hanya itu, Ikan dengan wajah marah ini juga kerap dinikmati karena kelezatannya dan beberapa dijual di pasar. Walaupun memiliki racun ditubuhnya, namun jika dimakan manusia racun tersebut tidak menimbulkan efek mematikan.

#12. Blue Ring Octopus

Dicap sebagai gurita paling berbahaya di Dunia, Blue Ring Octopus hidup di celah-celah terumbu karang Samudra Pasifik dan Hindia. Mereka dapat ditandai dengan kulit kekuning-kuningan dan tatto cincin biru hitamnya. Jika gurita ini terancam, maka dia bisa berubah warna secara dramatis.

Gurita ini menangkap mangsanya dengan cara menangkap dengan lengannya dan memasukkannya ke dalam mulut. Meskipun berukuran relatif kecil (12 - 20 cm), namun racun dari Blue Ring Octopus ini berbahaya bagi manusia karena mengandung tetragotoxin.

#13. Armored Searobin

Armored Searobin adalah keluarga dari Peristediidae yang dapat ditemukan di laut dalam seluruh dunia, tetapi sebagian besar di wilayah tropis. Ikan ini memiliki sungut yang menonjol dan tubuhnya diselimuti oleh duri-duri.

#14. Black Swallower

Black Swallower adalah ikan kecil yang dikenal karena kemampuan menelan mangsa yang dua kali lebih besar dari panjangnya. Mereka tersebar di perairan tropis dan subtropis, pada kedalaman 700 - 2.745 m. Ikan ganas ini, dapat memakan ikan bertulang secara utuh karena perutnya cukup mudah untuk mencerna.

#15. Barreleye

Terakhir! Sering disebut-sebut sebagai ikan hantu, Berreleye Fish memiliki mata berbentuk tabung yang diarahkan ke atas guna mengintai mangsa. Ikan laut dalam berukuran kecil ini, dapat ditemukan di perairan tropis Pasifik, Atlantik, dan Hindia. Keunikan dari Barreleye adalah memiliki tubuh yang transparan.

PENUTUP 

Itulah daftar atau list dari Jenis Ikan yang Menyeramkan di Laut Dalam. Dari limabelas ikan tersebut, menurut kalian mana yang paling aneh? Cantumkan dikolom komentar dan jika bermanfaat jangan lupa share artikel ini, gaes. Matur Nuwun, salam pecinta ikan. #CMIIW #IDNHero #UPGRADEYOURKNOWLEDGE
Sumber Gambar:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel