13 Jenis Burung Tercantik di Dunia

@idn.hero | Burung (Aves) adalah salah satu hewan yang paling digemari untuk dijadikan peliharaan, hias, maupun jual beli. Hal itu, ditandai dengan maraknya para pecinta burung di tanah air. Tercatat, jumlah spesies burung diperkirakan mencapai 10.200 yang tersebar di seluruh belahan dunia, dan ada sekitar 1.594 jenis yang bisa ditemukan di Indonesia. Dari masing-masing spesies tersebut memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda-beda.
Burung Tercantik Dunia
pixabay.com
Di alam yang luas ini, dipenuhi oleh hewan yang cantik dan mempesona khususnya Burung. Kecantikan burung ini dapat ditinjau dari suara kicau, bulu, bahkan paruhnya. Dengan adanya burung cantik tersebut akan membuat ekosistem seimbang dan dunia menjadi tempat yang indah untuk ditinggali.

Nah, maka dari itu Admin akan mengulas lebih dalam mengenai burung paling indah dan cantik di dunia secara lengkap dan beserta fotonya. Mulai dari yang langka sampai kerap dijumpai, simak baik-baik ya karena ada juga yang berasal dari Negara kita lho! Tanpa panjang lebar, berikut ini merupakan list lengkap Burung paling Indah di Dunia:

#1. CENDRAWASIH
Burung Cendrawasih
nhptv.org
Pertama, siapa yang tak kenal burung satu ini? Cendrawasih merupakan burung cantik penghuni Indonesia Timur, pulau-pulau selat Torres, Australia Timur, dan Papua Nugini. Burung dari famili Paradisaeidae dikenal dengan bulu yang memanjang dari paruh dan sayapnya, tak salah jika dijuluki bird of paradise.

Selain memiliki kecantikan yang luar biasa, ternyata spesies Cendrawasih terbanyak ada di Indonesia, kurang lebih ada 30 spesies yang hidup disana. Bahkan, burung ini atau lebih tepatnya Cendrawasih Kawat dijadikan sebagai ikon untuk Provinsi Papua. Namun, populasi dari burung cantik ini mengalami penurunan drastis karena perburuan liar.

#2. KEEL BILLED TOUCANS
Keel Billed Toucans
wikipedia.org
Keel Billed Toucans atau dalam Bahasa Indonesia ialah Tukan, merupakan burung yang hidup di daerah tropis. Ciri menonjol dari burung ini adalah paruh yang besar dengan kombinasi warna merah, biru, jingga, kuning, dan hitam. Paruh besar tersebut berfungsi sebagai pelindung muka ketika mencari makan dan menarik lawan jenis. Panjangnya bisa mencapai 20 cm.

#3. GOLDEN PHEASANT

Golden Pheasant
chinadaily.com
Berikutnya adalah Golden Pheasant. Burung Asia dengan warna yang unik ini berasal dari Pegunungan Cina Barat. Keunikan dari burung tersebut ialah ekor yang panjang dan tubuhnya bagaikan ditutupi oleh jubah berwarna orange. Makanan mereka biji-bijian, daun dan inverbrata, meskipun dapat terbang burung ini menghabiskan sebagian besar waktunya di tanah.

#4. HYACINTH MACAW
Hyacinth Macaw
adelaidezoo.com.au
Hyacinth Macaw merupakan burung beo asli dari Amerika, yang diklaim terbesar dispesiesnya. Panjang dari burung kakaktua ini bisa mencapai 100 cm dan dengan berat 2 - 3 kg. Seluruh bulu dari Hyacinth Macaw berwarna biru, namun bulu leher terkadang memiliki warna abu-abu. Malangnya, saat ini mereka terancam punah karena rusaknya habitat asli ditambah lagi dengan maraknya aksi perburuan liar.

#5. PEAFOWL
Peafowl
museumsvictoria.com.au
Peafowl alias Merak adalah burung indah dan cantik dari keluarga Phasianidae. Hanya terdapat 3 spesies saja dari burung merak ini yaitu merak biru dan hijau dari Asia, sedangkan merak kongo dari Afrika. Kecantikan burung merak ini dapat dilihat di ekor mata dengan tampilan bulu-bulu yang mempesona. Panjang dari ekor tersebut bisa mencapai 1,5 meter atau 5 kaki. Sebagai burung hutan, merak bersarang di tanah, namun mereka kerap juga bertengger di pepohonan.

#6. RAINBOW LORIKEET
Rainbow Lorikeet
pixabay.com
Next! Rainbow Lorikeet merupakan salah satu jenis dari kakaktua Australasia yang berhabitat di hutan hujan tropis dan semak pantai. Kakaktua ini bisa ditemukan di daerah Indonesia Timur, Papua Nugini, Australia, dan sekitarnya. Selain itu, Rainbow Lorikeet juga dikenal karena bulunya menyerupai warna pelangi dan mempunyai mata yang mempesona kalau melihatnya. Jadi ingin memeliharanya ya!

#7. FLAMINGO

Flamingo
pixabay.com
Flamingo merupakan burung yang paling banyak dijumpai di taman dan kebun binatang di penjuru dunia. Burung berkaki panjang ini hidup secara berkelompok, dapat ditemukan di belahan bumi barat dan timur. Menariknya, Flamingo memiliki kebiasaan aneh yaitu berdiri dengan 1 kaki, alasan mengenai hal itu masih belum diketahui.

#8. BLUE JAY
Blue Jay
pixabay.com
Selanjutnya ada burung keren yang didominasi warna biru yaitu Blue Jay. Burung kecil ini adalah penghuni asli Amerika Utara, yang berkembang biak di daerah hutan gugur, pohon jarum, dan pemukiman warga disana. Ukuran dan bulu dari betina dan jantan sangat mirip, sehingga cukup sulit untuk membedakan keduanya.

Biji-bijian, buah-buahan, dan arthropoda ialah makanan umum dari Blue Jay, yang biasa didapatkannya dari pohon dan tanah. Burung ini kerap dijuluki sebagai burung paling pintar di dunia, karena dapat menirukan berbagai macam suara mirip dari jenis burung lain.

#9. ATLANTIC PUFFIN
Atlantic Puffin
allaboutbirds.org
Atlantic Puffin adalah satu-satunya burung laut asli yang mendiami Samudera Atlantik. Burung laut ini, memiliki paruh orange yang eksotis yang kontras dengan warna bulunya. Makanan utamanya ialah ikan, terkadang juga memakan udang dan krustacea. Walaupun populasinya terbilang besar dan luas, namun puffin ini mengalami penurunan spesies yang cepat.

#10. BALTIMORE ORIOLE
Baltimore Oriole
audubon.org
Berikutnya yaitu Baltimore Oriole, merupakan burung hitam kecil di Amerika Utara. Mereka sering ditemukan pada pohon-pohon gugur yang besar, tepatnya berada di hutan terbuka. Akan tetapi, sekarang Baltimore juga bisa dijumpai di pinggiran kota karena ia mudah beradaptasi di lingkungan sekunder.

#11. PAINTED BUNTING
Painted Bunting
allaboutbirds.org
Spesies burung dari keluarga Cardinalidae ini, sama seperti Baltimore Oriole yaitu penghuni di Amerika Utara. Painted Bunting memiliki bulu yang sangat indah karena memiliki gradasi warna yang sempurna. Sayangnya, burung ini pemalu sehingga cukup sulit untuk diamati secara dekat.

#12. QUETZAL
Quetzal
anywhere.com
Burung Quetzal mempunyai bulu sayap warna hijau emas dengan dada berwarna merah, sangat cerah dan menawan. Mereka dapat ditemukan di hutan, khususnya di Meksiko dan Amerika Serikat bagian selatan. Dengan panjang sekitar 32 cm, sebagian besar Quetzal adalah pemakan berry, buah, dan vertebrata kecil (katak).

#13. DUSKY LORY 
Dusky Lory
woburnsafari.co.uk
Keluarga Beo! Dusky Lory atau biasa dijuluki singa putih adalah spesies beo yang bisa dijumpai di  Papua New Guinea. Habitat alam mereka ialah hutan dataran rendah, bakau, dan juga hutan hujan basah. Beo ini, identik dengan warna orange yang menyelimuti tubuhnya. Cantik kan?

PENUTUP

Itulah daftar 13 Jenis Burung paling Indah dan Cantik di Dunia beserta foto/gambar dan rangkuman singkat. Dari semua burung yang ada didaftar, masing-masing memiliki keindahan tersendiri dibandingkan dengan burung jenis lain. Jika ada pendapat mengenai spesies lain, cantumkan di komentar! Terima kasih, Salam Pecinta Burung Indonesia. #CMIIW #IDNHero #UPGRADEYOURKNOWLEDGE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel